Total Tayangan Halaman

Selasa, 28 Oktober 2008

Membuat Logo Bank BRI

Selamat berjumpa lagi dengan tutorial coreldraw. ( kaya presenter acara TV aja….he.he…) oh ya sobat! setelah kemarin saya selingi tutorialnya dengan photoshop, sekarang kembali lagi ke coreldraw, maklum bisanya cuma coreldraw, ini juga masih tertatih-tatih ibarat bayi. Tapi ga apa-apa biar saya semakin bisa dan mahir kayak mas ndop, mas Azki dan bang yaqien..
Baik, kali ini tutorialnya membuat logo bank BRI. Mungkin banyak di antara sobat yang sudah bisa, apalagi orang bertiga di atas, ibaratnya sambil merem juga mereka bisa. Ya mudah-mudahan ada yang belum bisa, sehingga tutorial ini ada gunanya.
Udahlah jangan terlalu banyak basa basinya, ntar basi beneran dech!?
Langsung aja ya kita mulai…..
Buka dulu program corelnya ( ya iyalah…. Masa ya iya dooong?..ga lucu! ) oh ya kebetulan saya pakenya versi X3. ini tool-tool yang kita gunakan:

Buat persegi dengan menggunakan Rectangle tool. Tekan Cntrl + tarik mouse agar bentuk persegi sempurna.pada toolbox klik shape tool. Klik sudut persegi lalu geser mouse sehingga sudut persegi tidak siku-siku lagi tapi menjadi lengkung.Gandakan persegi dengan menekan + pada keyboard (Numlock)Tekan shift tarik ujung persegi dengan mouse ke bagian dalam sebingga persegi menjadi dua. Seleksi kedua persegi lalu pada menubar klik arrange--combine.
Buat 2 ruas garis vertikal yang bersambung dengan menggunakan freehand tool letakan di tengah persegi.Dengan menggunakan shape tool klik bagian tengah dari ruas garis yang atas. Pada proferty bar pilih convert line to curve, tarik tanda panah yang muncul sehingga garis menjadi lengkung. Ulangi langkah tadi untuk ruas garis bagian bawah.Duplikasi garis lengkung dan geser kekanan.

Pada toolbox gunakan smart fill tool untuk mewarnai daerah diantara 2 garis lengkung.( kalo ga salah smart fill tool adanya di versi X3 ke atas ). Hilangkan 2 garis lengkung tersebut.Gandakan lagi kurva yang menyerupai huruf B, dan geser ke kanan.Dengan menggunakan shape tool klik garis lengkung bagian bawah, lalu pada property bar pilih convert curve to line untuk meluruskan kembali 2 garis lengkung. Tarik 2 garis lurus tadi ke sudut persegi.

Seleksi semua gambar, pada menu bar klik arrange--shapping—weld. Gambar jadi seperti ini:


Beri warna biru. Buat tulisan bank BRI menggunakan text tool. Seleksi seluruh gambar dan tulisan, tekan F12. atur warna garis tepi (putih)dan parameter outlinenya seperti ini
klik Ok.
Berikan bayangan gambar dengan menggunakan interactive drop shadow tool, klik di tengah gambar lalu tarik ke bagian luar. Atur parameter pada property bar seperti ini:

Buat background dengan menggunakan rectangle tool dan beri warna hitam. Klik kanan pilih order—sent to back page.

Al hamdulillah selesai juga tutorialnya. Selamat mencoba!Penulis: Ucha Dilyasa

3 komentar:

  1. hi ucha..its really ironic your name same like my nick name..I am ucha too n from malaysia..anyway gud tutorial..

    BalasHapus
  2. galyeah2627: really surpise for me, if your nickname same like my name. thanks to your visit to my blog. salam frienship.

    BalasHapus
  3. Hey keep posting such good and meaningful articles.

    BalasHapus