Total Tayangan Halaman

Senin, 17 Mei 2010

Tutorial Flash: Animasi Efek Cahaya

Pada kesempatan kali ini saya posting tutorial flash tentang cara membuat animasi efek cahaya atau bisa juga disebut efek mengkilap. Contohnya seperti ini:


Photobucket

Bagaimana membuatnya?... Ok kita langsung praktek aja ya...
Kita mulai saja ya… pertama tentunya buka dulu program flash sobat. Buat stage baru, pada panel property ubah background menjadi hitam, serta ukuran stage yang diinginkan misalnya ukuran 500 x 150. Lihat kotak dialog property berikut:



Untuk memunculkan panel property, klik window pada menubar lalu centang property.
Pada menubar klik insert-->timeline-->layer atau klik icon new layer. buatlah 3 layer dan ganti nama layer -layer tersebut menjadi layer teks 1, teks 2 dan Kotak dengan cara klik 2 kali pada tulisan layer.



Pada layer teks 1 buat teks menggunakan tekt tool pada toolbox di samping kiri stage, misalnya seperti ini:

Copy paste layer teks 1, pada menu bar klik edit-->copy , kemudian aktifkan layer teks 2 klik edit-->paste in place. Ubah teks 2 dengan warna putih sehingga seperti ini:



aktifkan layer kotak, buat kotak menggunakan rectangle tool. miringkan kotak dengan cara klik modify-->transform-->ratate and skew. tarik mouse ke kanan sehingga kotak menjadi bentuk jajargenjang. Sebelum membuat objek kotak sebaiknya klik bulatan dibawah icon mata pada layer teks 2 agar tidak mengganggu dalam pembuatan gambar kotak.



aktifkan layer teks 1, pada timeline ke 50 klik kanan -->insert key frame.
lakukan hal yang sama untuk layer teks 2 dan layer kotak.
aktifkan layer kotak, klik pada frame ke 50. gerakkan objek kotak ke sebelah kanan sehingga seperti ini:

klik kanan frame ke 1 pada layer kotak -->create motion tween. pada panel property ubah jenis tween menjadi motion. Klik kanan pada layer kotak-->mask, sehingga hasil akhirnya jadi seperti ini:


Langkah finishing adalah mengtes hasil akhirnya dengan cara tekan cntrl + enter. Jika tidak ada kesalahan hasilnya seperti ini:
Photobucket

jangan lupa untuk menyimpan kerjaan sobat, ekspor juga menjadi file animasi gif. caranya klik file-->eksport-->export movie. pilih ekstensi *GIF, jika muncul kotak dialog export GIF hilangkan ceklist tranparent agar background kita sesuai dengan yang kita buat.
Selamat mencoba, semoga berhasil. amien

1 komentar: