Total Tayangan Halaman

Selasa, 05 Januari 2010

Game Matematika: Tebak Angka

Sering sekali siswa/murid merasa jenuh alias bosen bin borring dalam mengikuti KBM di kelasnya. Banyak faktor yang menyebabkannya, misalnya materi yang tak menarik atau materi yang susah sekali untuk dimengerti contohnya pelajaran matematika. Mungkin guru matematika haruslah punya strategi yang lain untuk mengatasi hal ini, misalnya pada awal pelajaran kita sisipi dengan permainan/game yang dapat menarik minat siswa untuk mau belajar pelajaran matematika, setelah itu barulah kita mulai materi sesungguhnya.

Nah pada posting kali ini saya coba berikan salah satu permainan matematika berupa tebak angka. Mudah-mudahan bisa bermanfaat buat teman seprofesi "guru matematika" dalam menjalankan tugasnya yang mulia itu, amien.
ini dia scriptnya, silahkan copy paste aja di notepad dan save dengan extention .html

<script language="JavaScript">
<!-- Original: Darren Cummings -->
<!-- Web Site: www.spen500.fsnet.co.uk -->
<!-- This script and many more are available free online at -->
<!-- The JavaScript Source!! http://javascript.internet.com -->

<!-- Begin
var cards = new Array(6);
var play = 0;
var cn = 0;
var ttl = 0;
cards[1] = " KARTU PERTAMA n 1 3 5 7 9 11 13 15 n 17 19 21 23 25 27 29 31 n 33 35 37 39 41 43 45 47 n 49 51 53 55 57 59 61 63";
cards[2] = " KARTU KEDUA n 2 3 6 7 10 11 14 15 n 18 19 22 23 26 27 30 31 n 34 35 38 39 42 43 46 47 n 50 51 54 55 58 59 62 63";
cards[3] = " KARTU KETIGA n 4 5 6 7 12 13 14 15 n 20 21 22 23 28 29 30 31 n 36 37 38 39 44 45 46 47 n 52 53 54 55 60 61 62 63";
cards[4] = " KARTU KEEMPAT n 8 9 10 11 12 13 14 15 n 24 25 26 27 28 29 30 31 n 40 41 42 43 44 45 46 47 n 56 57 58 59 60 61 62 63";
cards[5] = " KARTU KELIMA n 16 17 18 19 20 21 22 23 n 24 25 26 27 28 29 30 31 n 48 49 50 51 52 53 54 55 n 56 57 58 59 60 61 62 63";
cards[6] = " KARTU KEENAM n 32 33 34 35 36 37 38 39 n 40 41 42 43 44 45 46 47 n 48 49 50 51 52 53 54 55 n 56 57 58 59 60 61 62 63";
var ccol = new Array("","#FF7777","Green","Blue","Gray","Red","Black");
var knos = new Array("",1,2,4,8,16,32);
function Nextcard() {
cn++;
if(cn == 7)
End();
else {
document.x.card.value=cards[cn];
document.x.card.style.backgroundColor=ccol[cn];
document.x.text.value="Apakah bilangan anda ada pada kartu di atas?";
}
}
function Restart() {
play=0;
cn=0;
ttl=0;
document.x.card.style.backgroundColor = "#FFFFFF";
document.x.card.style.color = "#000000";
document.x.card.value = "Pikirkan sebuah bilangan antara 1 dan 63. Enam kartu akan di tampilkan. Setelah kartu terakhir, bilanganmu akan dimunculkan";
document.x.text.value = "Klik Mulai";
document.x.stbt.value = "MULAI";
}
function Yes() {
ttl = ttl + knos[cn];
Nextcard();
}
function Start() {
document.x.card.style.color = "White";
document.x.stbt.value = "ULANGI";
play = 1;
Nextcard();
}
function End() {
play = 2;
if(ttl < 10)
ttl = " " + ttl;
ttl = " " + ttl;
var one = ttl.charAt(1);
var two = ttl.charAt(2);
document.x.card.value = "n BILANGAN YANG ANDA n PIKIRKAN ADALAH : n -- [ "+one+" "+two+" ] --";
document.x.card.style.color = "Red";
document.x.text.value = "Klik Ulangi untuk main lagi";
}
function click() {
event.cancelBubble = true;
event.returnValue = false;
}
document.oncontextmenu = click;
// End -->
</script>

kurang lebih tampilannya seperti ini:





Jika menurut sobat/ siswa hal di atas kurang menarik karena bukan guru yang menebak angkanya alias script yang memproses, maka kita bisa merubahnya ke bentuk yang lain. caranya buatlah enam buah kartu seperti ini:





Suruhlah siswa memilih angka favoritnya dan merahasiakannya. tunjukkan ke enam kartu tersebut satu persatu. Ajukan pertanyaan " adakah angka favoritmu di kartu ini?" pada setiap kartu yang ditunjukkan. Tugas anda hanya mengingat di kartu mana saja angka favorit siswa tersebut berada. misalnya angka favorit siswa ada di kartu 2, kartu 4 dan kartu 5.

Terakhir tebak angkanya. gimana caranya? gampang! jumlahkan saja angka-angka di awal kartu 2, kartu 4 dan kartu 5. sehingga jumlah angka-angka di awal kartu (angka dengan lingkaran merah) adalah 2 + 8 + 16 = 26 jadi angka favorit siswa tersebut adalah 26. mudahkan? wah jadi deh sobat sebagai the master of number kaya jo sandy ditu deh... Tapi ingat, jangan berikan dulu caranya pada murid agar mereka merasa penasaran, baru pada pertemuan berikutnya anda bisa mengungkap rahsianya pada siswa anda.
selamat mencoba. semoga berhasil.

1 komentar: